Chap 8/9
1. Definisi Pasar
Pasar
output adalah pertemuan antara permintaan output dan penawaran
output.Pada sisi permintaan,pasar output mempunyai ciri-ciri yang sama,
yaitu bahwa permintaan pasar adalah penjumlahan dari permintaan konsumen
yang jumlahnya banyak sekali.Namun pada sisi penawarannya, jumlah
penjual bervariasi dari jumlah yang sangat banyak sampai jumlah yang
sedikit,bahkan hanya satu penjual. Berdasarkan jumlah penjual yang
ada,struktur pasar output dibedakan menjadi tiga, yaitu :
· Pasar Persaingan Sempurna (perfect competitive market) : pasar dengan jumlah penjual sangat banyak.
· Pasar Monopoli : pasar dengan hanya satu penjual.
· Pasar Oligopoli : pasar dengan jumlah penjual sedikit.
2. Jenis pasar
A.Pasar Persaingan Sempurna
Persaingan sempurna merupakan struktur pasar yang paling ideal, karena struktur pasar ini akan dapat menjamin berlangsungnya aktivitas produksi dengan tingkat efisiensi yang tinggi.Oleh karena itu dalam analisis ekonomi sering digunakan asumsi bahwa perekonomian merupakan pasar persaingan sempurna.Tetapi dalam praktek tidak mudah untuk menentukan suatu industri dapat digolongkan ke dalam pasar persaingan sempurna yang sesungguhnya (sesuai teori).Umumnya, yang ada adalah yang mendekati ciri-ciri struktur pasar tersebut.Namun,sebagai landasan teori untuk analisis ekonomi.
Persaingan sempurna merupakan struktur pasar yang paling ideal, karena struktur pasar ini akan dapat menjamin berlangsungnya aktivitas produksi dengan tingkat efisiensi yang tinggi.Oleh karena itu dalam analisis ekonomi sering digunakan asumsi bahwa perekonomian merupakan pasar persaingan sempurna.Tetapi dalam praktek tidak mudah untuk menentukan suatu industri dapat digolongkan ke dalam pasar persaingan sempurna yang sesungguhnya (sesuai teori).Umumnya, yang ada adalah yang mendekati ciri-ciri struktur pasar tersebut.Namun,sebagai landasan teori untuk analisis ekonomi.
B.Pasar Monopoli
Struktur
pasar yang bertentangan dengan pasar persaingan sempurna adalah
monopoli.Monopoli adalah struktur pasar di mana hanya terdapat satu
penjual, tidak ada substitusi produk yang mirip (close substitute), dan
terdapat hambatan masuk(barriers to entry) ke pasar.
Ciri-ciri pasar monopoli dapat dijelaskan sebagai berikut:
Hanya
ada satu penjual.Karena hanya ada satu penjual maka pembeli tidak
mempunyai pilihan lain. Dalam hal ini pembeli hanya menerima
syarat-syarat jual-beli yang ditentukan penjual.
Tidak
ada substitusi produk yang mirip.Misalnya,aliran listrik.Aliran listrik
tidak mempunyai pengganti dari barang lain. Ada barang pengganti tetapi
sifatnya berbeda, misalnya, lampu minyak.Lampu minyak tidak dapat
menggantikan fungsi aliran listrik untuk menyalakan TV, seterika,dan
sebagainya.
Terdapat
hambatan masuk ke pasar.Hambatan ini bisa berbentuk
undangundang,memerlukan teknologi yang canggih,dan memerlukan modal yang
sangat besar.
Sebagai
penentu harga ( price setter). Dengan mengendalikan tingkat produksi
dan volume produk yang ditawarkan perusahaan monopoli dapat menentukan
harga yang dikehendaki.
D.Pasar Oligopoli
Pasar
oligopoli sama saja dengan pasar duopoli, hanya saja dalam
pasar oligopoli jumlah perusahaan yang menguasai pasar lebih dari dua
tetapi tidak banyak (oligos = sedikit) sehingga tindakan dari pengusaha
yang satu akan mempengaruhi kebijakan dari pengusaha lainnya. Apabila
produk yang dihasilkan oleh pengusaha oligopoli homogen maka pasar
dinamakan oligopoli murni ( pure oligopoly) dan apabila produk yang
dihasilkan tidak homogen maka dinamakan oligopoli yang dibedakan (
differentiated oligopoly).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar